Jumat, 14 Maret 2008

Apakah Anak Pendek dapat diobati ?

Penulis: Aman B. Pulungan

Orang tua selalu khawatir tentang pertumbuhan anaknya, dan sering bertanyatanya berapa tinggi anaknya kelak setelah dewasa. Kekhawatiran akan bertambah lagi bila anaknya tampak lebih pendek dibanding temanteman sebayanya, walaupun sering sekali ternyata tinggi anak tersebut dalam kisaran normal potensi genetiknya.

Pertumbuhan merupakan suatu indikator sensitif kesehatan anak, status nutrisi dan latar belakang genetiknya. Penyimpangan dari pertumbuhan ratarata tinggi badan dan berat badan dapat menunjukkan adanya masalah kesehata.

Perawakan pendek merupakan suatu keadaan yang dapat mengakibatkan seorang anak menjadi frustrasi. Hal ini dapat terjadi karena berkurangnya bermacam kesempatan akibat tubuhnya yang pendek. Perawakan pendek bukan merupakan suatu diagnosis klinis. Perwakan pendek merupakan suatu keadaan dimana tinggi badan seseorangdibawah ukuran normal sesuai umur, jenis kelamin dan mudah diketahui dengan segera. Dikatakan seorang berperawakan pendek bila tinggi badan seseorang berada di bawah 2 standar deviasi (SD) dari rata-rata populasi atau dibawah persentil 3 kurva pertumbuhan.

Budaya kita selalu mengaitkan tinggi badan seseorang dengan status sosial, dan sering orang yang pendek dianggap kurang mampu.

Kurva pertumbuhan

Kurva pertumbuhan sudah lama sekali dikenal dan merupakan suatu rekaman tentang pertumbuhan seseorang.

Salah satu rekaman yang paling terkenal, tertua dibuat pada abad ke 18 oleh Count Philibert Guneau de Montbeillard dengan merekam panjang badan anak laki-lakinya setiap bulan sejak lahir sampai 18 tahun. Jika pertumbuhan dipandangsebagai suatu bentuk gerakan misalnya suatu perjalanan, maka kurva ini menggambarkan jarak yang telah ditempuhnya.

Kurva velositas atau laju pertumbuhan yang dengan demikian sebenarnya lebih menggambarkan keadaan seorang anak pada setiap saat tertentu. Sejak lahir sampai umur 4-5 tahun velositas pertumbuhan dengan cepat berkurang (deselerasi) dan kemudian deselerasi ini mengurang secara perlahan-lahan hingga umur 5-6 tahun. Pada umumnya pertumbuhan merupakan suatu proses yang teratur. Pacu tumbuh terjadi pada masa remaja.

Sampai umur 2 tahun panjang badan diukur dengan posisi tidur terlentang, selanjutnya di atas umur 2 tahun tinggi badan diukur dengan posisi berdiri dan ada perbedaan 1 cm kedua cara pengukuran tersebut.

Pada umumnya anak perempuan lebih pendek dari anak laki-laki sampai masa adolesen. Anak perempuan menjadi lebih tinggi segera setelah memasuki masa pubertas dan pacu tumbuhnya terjadi 2 tahun lebih awal dari pada anak laki-laki.

Apakah tinggi seorang anak bisa di prediksi

Rumus prediksi tinggi akhir anak sesuai potensi genetiknya berdasarkan data tinggi badan orangtua dengan asumsi semuanya tumbuh optimal sesuai potensinya sebagai berikut:

Rumus prediksi tinggi akhir anak sesuai potensi genetiknya

Anak Perempuan : ( Tinggi Ayah - 13 ) + tinggi ibu
---------------------------------- ± 8,5 cm
2

Anak Laki-laki : ( Tinggi Ibu + 13 ) + tinggi ayah
---------------------------------- ± 8,5 cm
2

Keadaan apa saja yang dapat menyebabkan anak menjadi pendek

Kejadian perawakan pendek cukup sering, namun sangat sedikit data tentang epidemiologi perawakan pendek. Di negara barat insiden defisiensi hormon pertumbuhan 1:4000 anak, hipotiroidisme dengan pemeriksaan uji tapis1:3000-5000 kelahiran.
Di poliklinik endokrin anak dan remaja FKUI/ RSCM dari tahun 1983 sampai dengan 1985 terdapat 68 pasien dari 367 pasien baru yang dibawa berobat dengan keluhan perawakanpendek, jelas ini merupakan kasus konsultasi yang sangat banyak.
Secara umum penyebab perawakan pendek adalah organik (41%), familial/CDGP (41%), pertumbuhan janin terganggu (PJT)(7,5%), defisiensi hormon pertumbuhan (8%) dan yang tidak diketahui penyebabnya (idiopatik) (19%). Berbagai keadaan medis dapat mengganggu pertumbuhan dan mengakibatkan perawakan pendek yang patologis seperti : penyakit kronis pada anak khususnya penyakit yang mengenai jantung, paru, pencernaan, ginjal; penyakitpenyakit ini dapat memperlambat pertumbuhan. Diagnosis dini dan pengobatan penyakit tersebut dapat mengembalikan proses pertumbuhan. Selain penyakit kronis perawakan pendek juga dapat disebabkan oleh nutrisi yang tidak adekuat terutama jika terjadi pada masa bayi dan pubertas.
Disamping hal-hal diatas pendek juga dapat disebabkan oleh kekurangan hormon tertentu khususnya hormon pertumbuhan dan hormon tiroid. Salah satu klasifikasi perawakan pendek tersebut adalah:

1. Variasi normal perawakan pendek

* Perawakan pendek familial
* Constitutional delayed growth and puberty (CDGP)
* Perawakan pendek idiopatik

2. Gangguan pertumbuhan primer

* Pertumbuhan janin terhambat
* Displasia skeletal
* Sindrom/kelainan kromosom

3. Gangguan pertumbuhan sekunder

* Malnutrisi
* Penyakit kronik

4. Kelainan endokrin

* Defisiensi hormon pertumbuhan ( Growth hormone deficiency )
* Defsiensi hormon tiroid
* Diabetes Mellitus
* Kelebihan kortikosteroid

Pendekatan diagnosis

Untuk menghindari pemborosan pemeriksaan serta sebaliknya kemungkinan terlewatkan diagnosis patologik, yang dapat menyebabkan hilangnya kesempatan untuk meningkatkan tinggibadan, maka langkah awal adalah menentukan apakah perawakan pendek ini patologik atau normal.

Kriteria awal untuk melakukan pemeriksaan terahadap anak pendek :

1. Tinggi badan terletak dibawah persentil 3 atau dibawah tinggi rata-rata populasi
2. Kecepatan tumbuh dibawah persentil 25 kurva kecepatan tumbuh atau kurang 4 cm/tahun pada anak berumur 4 – 10 tahun
3. Prakira tinggi dewasa dibawah potensi tinggi genetiknya
4. Kecepatan tumbuh melambat setelah umur 3 tahun dan turun menyilang garis persentilnya pada kurva panjang/tinggi badan.

Tatalaksana

Setiap anak dengan perawakan pendek harus diketahui penyebabnya dan keluarga perlu dijelaskan mengenai potensi normal pertumbuhan seorang anak sesuai dengan potensi genetiknya. Sebagian kasus tidak perlu langsung diterapi, dapat hanya dengan pemantaukan berkala, namun sebagian kasus yang jelas penyebabnya dapat diterapi sesuai penyebabnya. Kasus yang jelas penyebabnya seperti kelainan endokrin antara lain GHD dan defisiensi hormon tiroid dapat segera diobati. Gangguan pertumbuhan sekunder seperti malnutrisi dan penyakit kronis juga harus segera diobati sesuai penyebabnya.

Khusus GH defisiensi dapat diberikan terapi substitusi hormon pertumbuhan. Terapi GHD adalah terapi substitusi growth hormone (somatotropin recombinant), dengan dosis 15-20 U/m2/ minggu, diberikan 6-7 kali per minggu. Dikatakan responsif dengan GH apabila kecepatan tumbuh minimal 2 cm per tahun di atas kecepatan tumbuh sebelum diberikan terapi. Biasanya kecepatan tumbuh pada tahun pertama pengobatan adalah 9-12 cm per tahun.

Untuk perawakan pendek yang tidak diketahui penyebabnya (idiopatik) akhir-akhir ini banyak senter yang juga memberikan growth hormone untuk perawakan pendek idiopatik dengan hasilyang bervariasi. Penelitian terakhir di Belanda GH diberikan pada kelompok anak perawakan pendek idiopatik, hasilnya dapat menambah tinggi ahkir anak 7 cm dari tinggi sebelumnya.

Kesimpulan

Perawakan pendek merupakan masalah klinis anak dan remaja yang sering dijumpai. Pendek merupakan simtom bukan suatu penyakit. Setiap anak yang pertumbuhannya melambat, turun dari garis persentil kurvanya setelah umur 3 tahun, tinggi badandi bawah persentil 3 atau TB jelas dibawah potensi genetik harus segera ditindak lanjuti.

Keterlambatan diagnosis dan pengobatan penyebab perawakan pendek jelas akan membuat kegagalan untuk mencapai potensi genetik.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya senang banget dengan artikel ini,cuma kalau boleh minta rincian yang lebih jelas tentang Constitutional growth delay.anak pertama saya umur 3th 4bln divonis (oleh dokter anak yang kebetulan juga ahli tumbuh kembang n endokrinologi) demikian.sekarang BB 9,9kg TB 85cm.jujur aja saya masih kurang mengerti.benarkah untuk terapi hormon akan memperbaikinya n apa untung ruginya? dokternya bilang jika ingin diterapi menunggu umur 5thn,apa efeknya? dulu menurut ibu saya,saya sendiri juga kecil.cuma setelah masa pramenstruasi pertumbuhannya cepat n jadi 160cm.